Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Resep dan Cara Membuat Kue Kering Kenari Khas Manado yang Renyah dan Gurih

 


VGI.CO.ID - Kue kering kenari adalah salah satu jenis kue kering yang sangat terkenal dan berasal dari Manado, Sulawesi Utara. 

Kue ini dibuat dengan bahan utama kenari yang kaya akan protein dan lemak sehat. Rasa kue yang gurih, renyah dan sedikit manis ini sangat digemari oleh banyak orang.

Sejarah Kue Kering Kenari Khas Manado

Kue kering kenari sudah dikenal sejak lama oleh masyarakat Manado. Pada mulanya, kue ini dibuat untuk mengawetkan kenari agar bisa bertahan lebih lama. 

Kenari yang sudah dikupas kulit arinya kemudian diolah menjadi adonan kue yang dipanggang hingga menjadi renyah. 

Lama-kelamaan, kue kering kenari menjadi camilan favorit yang banyak ditemui saat acara-acara adat maupun acara keluarga masyarakat Manado.

Beberapa tahun belakangan ini, kue kering kenari semakin populer dan menjadi oleh-oleh khas kota Manado yang dicari oleh wisatawan domestik maupun mancanegara. 

Banyak pengusaha lokal Manado yang mencoba peruntungan dengan menekuni bisnis kue kering kenari.

Salah satu nama besar pengusaha kue kering kenari Manado adalah Eveline M.K. Usahanya telah berdiri lebih dari 20 tahun dan menjadi rujukan kualitas terbaik kue kering kenari di Manado.

Bahan-bahan Yang Dibutuhkan Untuk Membuat Kue Kering Kenari

Berikut ini adalah bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat kue kering kenari:

  • 250 gram kenari yang sudah dikupas kulit arinya
  • 150 gram tepung terigu protein sedang
  • 75 gram gula halus
  • 75 gram margarin/mentega putih
  • 1 butir kuning telur
  • Secukupnya vanili bubuk

Alat Yang Diperlukan

Berikut adalah alat yang diperlukan untuk membuat kue kering kenari:

  • Wadah untuk mencampur adonan
  • Sendok pengaduk adonan
  • Loyang kue
  • Rolling pin untuk menggilas adonan
  • Cetakan kue kering
  • Oven atau kompor minyak tanah untuk memanggang adonan

Pastikan semua alat dan bahan sudah disiapkan sebelum mulai membuat adonan kue.

Cara Membuat Kue Kering Kenari Renyah dan Enak

Berikut ini adalah langkah-langkah cara membuat kue kering kenari:

1. Haluskan kenari

Kenari yang sudah dikupas kulit arinya harus dihaluskan terlebih dahulu agar teksturnya menyatu dengan adonan. 

Anda bisa menggunakan ulekan, chopper, blender, atau food processor untuk menghaluskan kenari. Pastikan semua kenari hancur dan tidak ada yang masih bergerindil.

2. Ayak tepung dan campur bahan kering

Ayak tepung terigu agar tidak mengandung gumpalan, kemudian campurkan bersama gula halus, kenari halus, dan vanili bubuk. Aduk rata semua bahan kering ini.

3. Campurkan mentega dan kuning telur

Lelehkan margarin/mentega putih dengan cara mencairkannya dengan api kecil (jangan sampai mendidih). Setelah mentega mencair dan dingin suhu ruangan, campurkan bersama kuning telur lalu aduk rata.

4. Buat adonan

Tuang campuran mentega dan kuning telur ke dalam campuran bahan kering tadi. Aduk menggunakan sendok kayu hingga semua tercampur rata dan kalis.

5. Gilas adonan

Taburi permukaan tempat adonan (meja atau talenan) dengan tepung tipis-tipis agar adonan tidak lengket.

Ambil secukupnya adonan lalu gilas menggunakan rolling pin hingga ketebalannya sekitar 3-5 mm. Usahakan ketebalannya rata agar kue matang merata saat dipanggang.

6. Cetak adonan

Cetak adonan yang sudah digilas menggunakan cetakan kue kering sesuai selera. Anda bisa menggunakan cetakan motif bintang, lingkaran, atau hewan. Letakkan adonan yang sudah dicetak di atas loyang yang sudah diolesi margarin tipis-tipis.

7. Panggang hingga matang

Panggang adonan kue kering yang sudah dicetak pada oven dengan suhu 150 derajat Celcius. Atau Anda juga bisa menggunakan kompor minyak tanah jika tidak memiliki oven. Panggang hingga matang dan permukaan kue terlihat kecokelatan. Proses memanggang biasanya memakan waktu 30-40 menit dengan api sedang.

8. Dinginkan dan simpan kue dalam toples

Setelah kue kering dingin, masukkan ke dalam toples kedap udara agar tetap renyah saat disimpan. Kue kering kenari siap disajikan atau dijadikan oleh-oleh khas Manado.

Itulah resep dan cara membuat kue kering kenari khas Manado yang renyah dan gurih. Cukup mudah bukan? Jangan lupa berkreasi dengan berbagai macam cetakan lucu agar kue terlihat lebih menarik. Selamat mencoba resepnya!

Tips Membuat Kue Kering Kenari Renyah Tahan Lama

Agar kue kering kenari tahan lama dan tetap renyah saat disimpan, ada beberapa tips yang bisa Anda terapkan, antara lain:

1. Gunakan kenari berkualitas bagus

Pastikan kenari yang digunakan dalam keadaan segar, tidak rusak, atau bau tengik. Kenari yang berkualitas baik akan membuat rasa kue lebih maksimal.

2. Simpan kue di tempat kedap udara

Kemasan kedap udara seperti toples atau wadah tertutup rapat adalah tempat penyimpanan terbaik untuk kue kering agar tetap renyah lama. Hindari menyimpan dalam kemasan terbuka seperti piring agar kerenyahan kue tidak berkurang.

3. Jangan overbake saat memanggang

Kunci agar kerenyahan kue bertahan lama adalah jangan memanggang terlalu lama hingga gosong. Cukup sampai permukaannya kecokelatan saja. Overbake akan membuat kue cepat keras saat disimpan.

4. Pengepakan vakum bisa memperpanjang umur kue

Untuk skala produksi besar, Anda juga bisa mengemas kue kering kenari dengan pengepakan vakum agar tetap renyah berbulan-bulan lamanya.

5. Gunakan bahan berkualitas

Selain kenari, pastikan juga bahan lain seperti tepung, gula, maupun margarin yang digunakan berkualitas bagus agar rasa kue maksimal dan awet.

Itulah beberapa tips agar kue kering kenari Anda bisa bertahan lama dan tetap renyah saat disimpan atau dijadikan oleh-oleh.

Kreasi Rasa Kue Kering Kenari Yang Bisa Dicoba

Beberapa varian rasa populer dari kue kering kenari antara lain:

1. Kue kering kenari pandan

Pasta pandan atau jus pandan dapat ditambahkan ke dalam adonan kue kering kenari agar memberikan warna hijau muda yang cantik dan juga aroma wangi pandan yang khas.

2. Kue kering kenari cokelat

Tambahkan bubuk cokelat atau mesis cokelat ke dalam adonan untuk mendapatkan kue kering kenari rasa cokelat. Rasanya akan jadi lebih manis dan cocok untuk anak-anak.

3. Kue kering kenari keju

Keju parut akan memberikan cita rasa gurih dan asin pada kue kering kenari. Rasanya jadi mirip kacang telur, tapi dengan aroma kenari yang khas.

4. Kue kering kenari nanas

Buah nanas yang dihaluskan dan dijadikan selai dapat menjadi isian yang enak untuk kue kering kenari. Kombinasi rasa asam manis nanas sangat menyegarkan.

Demikian artikel panjang lebar mengenai resep dan cara membuat kue kering kenari khas Manado yang renyah serta beberapa variasi kreasinya. 

Semoga artikel ini bisa menjawab semua pertanyaan Anda dan memberi inspirasi untuk mulai meracik sendiri di rumah. Salam bungkus dari Manado!(*)