Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Resep Babat Goreng Sunda



Ketika menyebutkan makanan khas kota Bandung, maka sajian babat goreng adalah salah satu yang tak pernah mereka lupakan. Sebagai makanan Khas Sunda yang sangat identik dengan daerah Bandung, babat goreng sudah sejak lama terkenal di kalangan warga Bandung serta daerah sekitarnya. Memasak sendiri resep babat goreng Sunda bisa menjadi cara yang menyenangkan untuk menghabiskan akhir pekan.


Untuk memulai memasak babat goreng Sunda, Anda harus tahu beberapa bahan dasar seperti daging babat, bumbu rempah, telur, garam dan mie telur. Istilah daging babat sendiri adalah jenis daging sapi yang dikonsumsi dan digiling hingga berbentuk cincin. Untuk rempah-rempah dasar yang digunakan adalah jahe, kunyit, dan kemangi yang ditumbuk halus, kemudian dicampur bersama tepung kanji untuk menambah tekstur makanan.


Langkah selanjutnya adalah menghaluskan daging babat hingga berbentuk cincin agar lebih mudah dipanggang. Setelah itu, tumislah bumbu rempah-rempah di atas tungku api hingga matang. Anda juga bisa mencampurkan kacang hijau dan jahe agar aroma makanan semakin kuat.


Setelah bumbu rempah-rempah matang, gunakan telur dan garam sebagai bahan pengental. Kocok telur dan garam hingga rata, kemudian kocok kedalam bumbu rempah-rempah tadi. Gentalkan mie telur dan tambahkan ke dalam adonan.


Setelah adonan yang dihasilkan siap untuk digoreng, Anda bisa memulai menggoreng di atas tungku api dengan minyak goreng panas. Gorenglah hingga kedua sisinya berwarna kecoklatan dan mengkilap. Setelah matang, angkat dan sajikan makanan babat goreng Sunda ini bersama nasi panas dan sambal asli Sunda.


Babat goreng Sunda sangat mudah dan menyenangkan untuk disajikan. Dengan mengikuti resep babat goreng Sunda di atas, Anda bisa menikmati kuliner yang lezat tanpa perlu mengeluarkan banyak waktu.