Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Aneka Resep Sagu Keju Ny Liem dari Tegal, Jawa Tengah



i.pinimg.com

source:i.pinimg.com

Aneka Resep Sagu Keju Ny Liem dari Tegal, Jawa Tengah


Masyarakat Tegal, Jawa Tengah, tentu sudah tak asing lagi dengan makanan khas kota ini, salah satunya adalah sagu keju Ny Liem. Sagu keju ini berbahan utama sagu dimana pasta sagu yang dihaluskan dan dikukus kemudian dipadatkan menjadi lembaran. Selain sagu, keju juga menjadi salah satu inti dari resep ini. Rasa sagu yang creamy dari keju dan manis gurih dari sagu membuat makanan ini begitu istimewa.


Kalau kamu penasaran bagaimana cara membuat sagu keju Ny Liem, berikut adalah resepnya.


Bahan-Bahan:


-2 kilogram sagu, rebus dan haluskan


-200 gram keju cheddar


-20 gram tepung terigu


-100 gram mentega


Cara Membuat:


1. Haluskan sagu yang sudah dimasak dan masukkan ke dalam wadah. Campur bersama dengan tepung terigu dan aduk hingga menjadi adonan yang rata.


2. Timbang keju cheddar dan mentega, kemudian tambahkan ke dalam adonan sagu. Uleni hingga tercampur baik dan diamkan selama 5-10 menit.


3. Setelah itu, ambil sedikit adonan dan bulatkan hingga bentuk adonan seperti bola-bola kecil kemudian haluskan.


4. Ambil loyang lalu olesi dengan mentega agar tidak lengket. Lalu taruh adonan yang sudah dibentuk diatas loyang, lalu tekan-tekan lalu pipihkan.


5. Setelah selesai pipihkan adonan, olesi permukaannya dengan sedikit mentega dan beri taburan keju cheddar diatasnya.


6. Panggang di atas oven dengan suhu 200 derajat celcius hingga matang. Setelah matang, keluarkan dari oven dan siap disajikan.


Selamat mencoba! Sagu keju Ny Liem yang manis gurih dan renyah ini pasti menjadi andalan bagi keluarga kesayanganmu. Semoga resep ini bisa membantu kamu dalam membuat sagu keju yang lezat dan enak.