Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

MANFAAT KEGUNAAN TRANSFORMATOR

Transformator atau Trafo ini bekerja berdasarkan prinsip Induksi Elektromagnet dan hanya dapat bekerja pada tegangan yang berarus bolak balik (AC).Transformator (Trafo) memegang peranan yang sangat penting dalam pendistribusian tenaga listrik.

Transformator menaikkan listrik yang berasal dari pembangkit listrik PLN hingga ratusan kilo Volt untuk di distribusikan, dan kemudian Transformator lainnya menurunkan tegangan listrik tersebut ke tegangan yang diperlukan oleh setiap rumah tangga maupun perkantoran yang pada umumnya menggunakan Tegangan AC 220Volt.

Manfaat Trafo

Transformator atau trafo digunakan untuk berbagai macam tujuan antara lain, menaikkan dan menurunkan tegangan lisitrik.

Mengalirkan tegangan listrik ke sejumlah alat-alat listrik yang membutuhkan tegangan listrik yang kecil, seperti bel pintu, mainan mobil listrik, mainan kereta listrik, dll.

Selain itu, trafo juga meningkatkan tegangan listrik dengan melakukan transmisi jarak jauh, contohnya tegangan listrik dari generator pembangkit listrik. Tidak hanya itu, trafo juga berfungsi untuk mengirim tenaga listrik, pemisah rangkaian, penyesuaian tegangan, serta pemberi tenaga untuk alat elektronik tertentu.

Jenis Jenis Transformator (Trafo)

JENIS JENIS TRAFO
JENIS JENIS TRAFO

Transformator yang dapat kita gunakan untuk kebutuhan sehari-hari ternyata terbagi dalam tujuh jenis transformator, yaitu :

Trafo Step-Up

Transformator ini tediri dari lilitan sekunder yang lebih banyak dibandingkan lilitan primer yang berfungsi sebagai penaik tegangan. Trafo dengan jenis ini biasanya ditemukan pada pembangkit tenaga listrik yang dipakai dalam transmisi jarak jauh.

Trafo Step-Down

Transformator step-down merupakan transfomator yang mempunyai lilitan primer lebih banyak daripada lilitan sekunder yang berfungsi untuk penurun tegangan listrik. Transformator ini ditemukan dalam adaptor AC-DC.

Trafo Autotransformator

Autotransformator terdiri dari satu lilitan yang berlanjut secara listrik serta dengan sadapan tengah. Pada trafo jenis ini, sebagian lilitan primer adalah lilitan sekunder.  Autotransformator tidak mampu memberikan isolasi listrik antara lilitan primer dan sekunder, serta tidak dapat menaikkan tegangan lebih dari beberapa kali lipat.

Trafo Autotransformator variabel

Autotransformator variabel memiliki sadapan di bagian tengah yang mampu diubah-ubah, memberikan perbandingan lilitan primer-sekunder yang berubah-ubah.

Trafo Transformator isolasi

Jumlah lilitan sekunder dan primer pada trafo jenis ini adalah sama, sehingga tegangan sekunder dengan primernya sama. Trafo jenis ini pada umumnya akan dirancang dengan memisahkan antara gulungan primer dengan isolasi tambahan berupa mika, berfungsi untuk mencegah gulungan primer bersentuhan dengan gulungan sekunder. Hal tersebut mencegah terjadinya hubungan singkat antara gulungan primer.

Trafo Transformator pulsa

Transformator pulsa dirancang khusus untuk memberikan keluaran gelombang pulsa. Trafo pulsa menggunakan material inti yang cepat jenuh, sehingga setelah arus primer mencapai titik tertentu, fluks magnet berhenti berubah. Trafo pulsa ini hanya memberikan keluaran saat inti tidak jenuh atau dengan kata lain saat arus lilitan primer berbalik arah.

Trafo Transformator tiga fase

Transformator tiga fase merupakan transformator yang dihubungkan secara khusus antara satu dengan transformator lainnya. Lilitan primer pada trafo jenis ini pada umumnya dihubungkan secara bintang ( Y ) dan lilitan sekunder dihubungkan secara delta ( Δ ).

Jika daya listrik di rumah anda kecil akan tetapi memiliki barang-barang yang memakai tegangan tinggi maka dapat membuat listrik tidak kuat dan mengakibatkan listrik mati oleh karena itu penting sekali menggunakan Jasa Perawatan Trafo dalam mengatasi masalah tersebut https://sewatama.com/id/