Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kreatifitas Kader PKK Desa Leuwigede Patut Dicontoh

Widasari – Kader PKK Desa Leuwigede, Kecamatan Widasari sejak 2 tahun lalu terus melakukan berbagai inovasi dan mengembangkan kreatifitasnya. Dalam mengisi waktu luang, mereka memanfaatkan berbagai jenis barang anyaman seperti Lemari, tempat bunga dan lain-lainSelain itu, mereka juga telah banyak menghasilkan berbagai aneka macam bunga hias yang terbuat dari bahan plastik siap rangkai, dengan bentuk, ukuran, corak dan warna yang bervariasi, untuk dijadikan hiasan ruangan baik di rumah atau ditempat-tempat lainnya, sebagai pelengkap keindahan yang memiliki nilai seni. Bunga-bunga hiasan tersebut, sangat digemari banyak kalangan terutama para ibu rumah tangga.

PKK DESA Leuwigede

Ketua Tim Penggerak PKK Desa Leuwigede Caswen menuturkan, meski usia kadernya sudah tidak muda lagi, namun masih memiliki semangat dan keinginan yang kuat untuk maju. Itulah yang menurut Karwiti menjadi modal utama organisasinya bisa terus berinovasi,  disamping terus mengikuti berbagai pelatihan keterampilan yang ada.

“Berawal dari salah seorang kader yang memiliki kemampuan keterampilan seperti itu, lalu berkembang ke ibu-ibu lainnya. Sekarang semuanya sudah mampu berkreasi sendiri dan menghasilkan beberapa jenis hasil karya, tidak tertutup kemungkinan kedepan akan terus berkembang dan tercipta karya-karya lainnya yang lebih menarik dan banyak digemari para konsumen,” tutur Caswen

Selain menambah ilmu keterampilan, hasil dari mengolah barang bekas menjadi sebuah karya seni itu, dikatakan Caswen dapat menambah penghasilan. Meski tidak besar namun dapat menambah penghasilan keluarga masing-masing kader.

PKK Desa Leuwigede

“Pokoknya tidak ada yang sulit jika ada kemauan. Kemampuan bisa melalui belajar dan berani mencoba. Hasil karya kami sudah banyak terjual melalui pesanan dari beberapa keluarga dekat dan sekitarnya. Kami pernah pula mengikuti pameran, untuk menambah pengalaman dan bertukar ide, gagasan dengan kader PKK dari desa lain yang sama-sama berkreasi lainnya,” ungkapnya.

Sementara itu, Pemdes Leuwigede terus memberikan dukungan kepada kader PKK desa, baik dukungan secara moril maupun materil, agar PKK Desa Leuwigede bisa terus mengembangkan karyanya. “Kami dari pemdes sangat mendukung kreatifitas ibu ibu ini untuk kemajuan PKK Desa, dan kami tidak bisa memungkiri kami seperti sekarang ini berkat adanya kerjasama dan kekompakan serta partisifasi aktif dari berbagai pihak. Namun kami belum merasa puas dengan apa yang telah kami hasilkan, karena masih ada keinginan untuk terus berkreasi dan menghasilkan karya lainya,” pungkas Evi Fatmawati, Kuwu Desa Leuwigede