Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Resep Cara Membuat Gudeg Jogja Yang Enak

Cara Membuat Gudeg - Makanan yang paling khas dan dicari yaitu gudeg. Gudeg merupakan makanan asli dari Yogyakarta, dengan bahan baku utamanya yaitu sayur nangka. Bedakan ya dengan gudeg solo. Karena perbedaan yang paling mendasar adalah kalau gudeg solo itu ada pelengkapnya yaitu opor ayam. Sedangkan untuk yang gudeg jogja ini ayamnya itu dimasak bacem tanpa adanya kuah. Gudeg yogya ini banyak yang mencari, karena rasanya yang sangat enak dan tentunya harganya terjangkau. Kalau misalnya anda berkunjung atau lewat di yogyakarta rasanya wajib mampir deh di warung gudeg jogja untuk mencoba mencicipi makan gudeg. Sbelumnya juga dibahas tentang Resep Ayam Goreng Rempah Simple
Gudeg Jogja Yu Djum

Bahan :

  • Nangka yang sedang (tidak terlalu tua dan tidak terlalu muda) sebanyak 1 kg dipotong-potong
  • Telor rebus utuh sebanyak 12 butir.
  • Daun salam sebanyak 10 lembar
  • Lengkuas sepanjang 8 cm diiris-iris
  • Gula merah sebanyak 200 gram kita iris halus
  • Santan dari 1 butir kelapa sebanyak 2000 cc

Bumbu Halusan :

  • Bawang merah sebanyak 12 butir
  • Bawang putih sebanyak 12 siung
  • Ketumbar sebanyak 1 sdt
  • Garam sebanyak 2 sdm

Cara Membuat Tahap 1 Gudeg Jogja :

  1. Gunakan panci dengan alas tebal, dasar panci kita tata dengan daun salam. Dan diatasnya beri irisan lengkuas. Ini fungsinya sebagai penyedap juga, nah kalau daun salam yang dialas panci berfungsi agar tidak gampang hangus.
  2. Bumbu halus kita campurkan dengan 500 cc air kelapa dan diaduk hingga rata.
  3. Masukkan juga potongan nagka muda, telur rebus, kemudian ada gula merah, dan jangan lupa siramkan dengan bumbu halusan yang dicairkan bersamaan air kelapa.
  4. Tuangkan juga air kelapa secukupnya sampai kira-kira sebatas pada tinggi nagka dan telur tadi, supaya terendam.
  5. Tutup pancinya dengan rapat, dan kita masak diatas api yang sedang saja. Jangan terlalu besar selama sekitar 2 jam.


Cara Membuat Tahap 2 :

  1. Setelah melewati 2 jam kita tengok pancinya, dan air nya sudah mulai surut. Ambil telurnya dan amankan sementara dulu.
  2. Tuangkan santan, dan aduk menggunakan sendok kayu dengan sambil menghancurkan potongan nangkanya. Namun harus diingat juga usahakan agar tumpukan daun salam yang ada di bawah tadi jangan sampai terangkat ke permukaan.
  3. Setelah itu masukkan lagi ya telur yang sudah kita sisihkan tadi hingga masuk kedalam nangka
  4. Masak kembali dengan api kecil saja sekitar lamanya 3 jam
  5. Pada tahap ini biasanya kita masak hingga 7 jam dengan menggunakan kompor listrik dengan api setengahnya.

Angkat dan sajikan, jangan lupa juga siram dengan kuah opor ayam yang kental pada bagian atas gudegnya ketika akan dihidangkan. Nah sahabat kuliner Indonesia semua, itu tadi tutorial singkat bagaimana cara membuat Gudeg Jogja Yang Enak yang bisa saya sampaikan pada postingan kali ini, jangan lupa vote gplus blog resepmasakane.blogspot.com ini agar kami selalu semangat untuk menuliskan hala-hal yang baru yang berkaitan dengan Resep Cara Membuat Gudeg Jogja Yang Enak.