Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Resep Otak-otak Ikan Tenggiri Makasar, Palembang dan Tanjung Pinang

Semangat pagi para pecinta masak Indonesia, udah tau kan dengan makanan otak-otak ikan? Varian otak-otak beragam mulai dari otak-otak ikan bandeng, otak-otak goreng, otak-otak ikan tenggiri makasar, tenggiri palembang, otak-otak tenggiri tanjung pinang dan juga otak-otak ikan kakap. Yes, pasti semuanya pada kenal da pernah mencicipi masakan ini. Ikan merupakan sumber makanan yang kaya akan protein dan omega 3 paling sehat dan baik untuk tubuh. Cara pengolahan ikan sangat beragam sekali dimulai dari ikan bakar, pepes ikan, dibuat sop dan lain sebagainya.

Nah pada kesempatan ini saya akan berbagi mengenai resep membuat otak-otak ikan tengiri yang rasanya supper lezat dan maknyus banget. Cara membuat nya sangat mudah sekali, karena pada resep ini saya memberikan turotial memasak bergambar sehingga akan memudahkan anda semua dalam belajar memasak secara otodidak. Oke, langsung saja yuk kita bahas proses membuat otak-otak ikannya.

Resep Membuat Otak-Otak

Resep Otak-otak Ikan Tenggiri Makasar, Palembang dan Tanjung Pinang

Bahan :

  • Ikan Tengiri , dagingnya saja sebanyak 400 gram
  • Tepung kanji sebanyak 2 sdm
  • Putih telur sebanyak setengah
  • Santan kental sebanyak 2 sdm
  • Daun bawang sebanyak setengah batang saja kemudian diiris halus
  • Daun pisang secukupnya untuk membungkus


Bumbu Halus Otak-otak :

  • Bawang merah sebanyak 2 butir saja
  • Bawang putih sebanyak 1 siung
  • Garam sebanyak setengah sendok teh


Cara membuat Otak-otak Ikan :


  1. Daging ikan Tengiri kita cincang sampai halus dan jangan lupa untuk membuang bagian daging yang berwarna hitam agar nanti diperoleh hasil otak-otak ikan yang putih dan bersih. 
  2. Berikan tambahan tepung kanji dan putih telur, lalu tambahkan pula santan dan juga daun bawang  bersama bumbu halusan yang sudah kita buat sebelumnya lalu kita uleni bahan tersebut. Cara menguleninya harus yang agak lama ya, setelah itu bisa juga diblender ulang agar didapatkan hasil yang lembut dan bagus. 
  3. Siapkan daun pisang buat membungkus otak-otak ikan, sendokkan adonan tadi kedalam daun pisang lalu gulung membentuk seperti pepesan dan sematkan dengan lidi pada tiap ujungnya agar tertutup rapat. 
  4. Otak-otak yang sudah kita bungkus daun pisang kita kukus sekitar 20 menit saja hingga matang. 
  5. Selesai, angkat dan sajikan bersama cocolan sambal kacang.


Mudah bukan cara membuat "otak-otak ikan" ini ya. Yang harus diperhatikan pada saat menggulung daun pisang adalah, agar daun pisang tidak rusak dan robek pada saat digulung membentuk seperti pepesan harus di panaskan terlebih dahulu diatas api sebentar saja sampai kira-kira layu. Selain dengan cara dikukus, otak-otak ikan tengiri ini juga bisa dengan cara dibakar dan jadilah otak-otak bakar, namun harus diperhatikan porsinya agak kecil ya. karena kalau porsinya disamakan dengan cara dikukus dikhawatirkan nanti otak-otak ikan ala makasar tidak matang hingga kedalam. Terimakasih, salam pecinta kuliner Indonesia dan jangan lupa share informasi ini buat teman-teman kalian. Eittttt.. tunggu dulu, baca juga artikel lainnya.

Incoming Search : Resep Otak-otak Ikan, resep otak-otak ikan tenggiri, resep otak-otak ikan tenggiri palembang, resep otak-otak ikan tenggiri makassar, resep otak otak ikan tenggiri goreng, resep otak otak ikan bandeng, resep otak otak ikan tengiri, resep otak-otak ikan kukus, resep otak otak ikan ncc, resep otak otak ikan bangka, resep otak-otak ikan kakap, resep otak otak ikan makasar, resep otak-otak ikan tenggiri tanjung pinang, resep otak otak ikan panggang, resep otak otak ikan enak, resep otak otak ikan tenggiri bangka, resep otak otak ikan tenggiri ncc, resep otak otak ikan kenyal.



cara membuat otak otak ikan bakar, resep membuat otak otak ikan bandeng, resep buat otak-otak ikan tenggiri, resep masakan berbahan dasar otak-otak ikan, resep masakan otak-otak ikan bandeng, resep otak otak ikan khas bangka, cara membuat otak otak ikan khas bangka, resep bikin otak otak ikan, resep bumbu otak otak ikan, resep bumbu kacang otak-otak ikan, resep otak otak ikan cakalang, www.resep otak otak ikan.com, resep dan cara membuat otak otak ikan tenggiri, resep dan cara membuat otak-otak ikan, resep cara membuat otak otak ikan, cara membuat otak otak dari ikan, cara membuat otak otak dari ikan tenggiri
resep otak-otak dari ikan, resep membuat otak otak dari ikan, resep otak-otak ikan tenggiri enak, cara membuat otak-otak ikan yang enak, resep otak otak ikan tenggiri yang enak, resep otak-otak ikan yang enak, resep otak-otak ikan goreng, resep otak otak ikan gabus, cara membuat otak otak ikan goreng, resep otak otak goreng ikan tuna, resep otak otak goreng tanpa ikan, resep otak-otak ikan nila, resep membuat otak-otak ikan goreng.