Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Resep Ikan Bakar Bumbu Kuning Enak Banget

Resep Ikan Bakar Bumbu Kuning Enak Banget - Ikan bagi masyarakat Sunda khususnya merupakan salah satu sumber makanan yang luar biasa melimpah. Pasalnya bagi masyarakat Sunda biasanya memiliki minimal satu kolam ikan atau tempat memelihara ikan. Baik itu Ikan Mas, Ikan Gurame ataupun ikan Patin. Variasi masakan dengan berbahan ikan cukup banyak variasi jenisnya. Mulai dari ikan goreng, ikan bakar, ikan panggang dan lain sebagainya.

Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi resep ikan bakar yang pastinya sangat enak. Biasanya di sudut-sudut jalan disekitar kawasan pegunungan atau pesisir banyak terdapat warung-warung yang menyediakan aneka menu ikan bakar yang menggugah selera. Di kawasan pantura Indramayu saya pernah melihat disekitar laut eretan terdapat banyak restoran yang menyajikan ikan bakar. Tapi saya belum pernah mencicipinya langsung, oke deh langsung saja yuk kita coba membuat ikan bakar bumbu kuning.

Ikan Bakar Bumbu Kuning

Bahan :

  • Ketumbar sebanyak 1 sdt
  • Kunyit sepanjang 2 cm
  • Bawang putih sebanyak 3 siung
  • Garam sebanyak satu setengah sendok teh 

Baca Juga : Resep Ikan Lemak Manis Kuah Gurih 

Cara Membuat :

  1. Ikan kita bersihkan kemudian kita bikin keratan atau sayatan pada badan ikan tujuannya agar bumbu mudah meresap. 
  2. Beri tambahan bumbu halus dan juga air jeruk nipis  lalu kita diamkan sekitar 30 menit. 
  3. Siapkan bara api, setelah jadi kita bakar ikan diatasnya. Sebaiknya jangan sampai apinya menyala, jadi pembakarannya hanya dari arang api saja.  
  4. Kita bolak balikkan saja dan sambil kita olesi dengan mentega sampai kira-kira ikan bakarnya matang dengan merata. 
  5. Selesai

Tips memanggang ikan yang harus kita perhatikan adalah pada saat sebelum memanggang dengan mengggunakan jepitan kawat pembakar maka sebaiknya sebelum menjepit ikannya terlebih dahulu diberikan olesan mentega pada setiap jeruji kawat tersebut agar nantinya daging ikan tidak menempel dan lengket. Nah itu saja yang bisa saya sampaikan mengenai Resep Ikan Bakar Bumbu Kuning Enak Banget