Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Resep Bola Bola Ayam Cincang Sederhana dan Praktis

Resep Bola Bola Ayam Cincang Sederhana dan Praktis - Semangat pagi rekan pecinta masakan Indonesia dimana saja anda berada. Pembahasan kali ini akan saya jelaskan cara membuat masakan bola-bola dengan daging ayam cincang. Pada proses pembuatan ini diperlukan waktu sekitar 25 menit saja, dan waktu untuk persiapannya sekitar 15 menit.

Pada sebelumnya dibahas juga tentang Resep Membuat Ayam Bumbu Merah Kacang Polong .  Membuat olahan daging ayam ini tidak ada habisnya jika dieksplor lebih jauh, karena banyak sekali variasi jenis makanan dari ayam yang bisa kita buat. Kandungan gizi dari dari ayam sangat baik untuk kesehatan, apalagi jika dengan penanganan dan cara pengolahan yang baik pasti akan menambah nilai gizi dari kandungan yang terdapat dalam daging ayam.

Resep Masakan Bola Bola Ayam Cincang


Bahan :

  • Daging ayam cincang sebanyak 150 gram
  • Daun bawang sebanyak 1 batang kita iris secara halus
  • Wortel sebanyak 50 gram diparut
  • Terigu sebanyak 3 sdm
  • Telor sebanyak 2 butir dan kita kocok lepas


Bumbu Halus ;

  • Bawang putih sebanyak 2 siung
  • Garam sebanyak setengah sendok teh
  • Merica sebanyak setengah sendok teh


Cara Membuat Bola Bola Ayam :


  1. Ayam, kemudian daun bawang dan juga wortel kita aduk menjadi satu
  2. Beri tambahan tepung terigu, kemudian bumbu halus dan juga telur kocoknya dan kita aduk hingga merata
  3. Siapkan minyak panas dalam penggorengan, setelah minyak mulai panas segera kita sendokkan dan buat adonan agak bulat menyerupai bola-bola dan kita goreng kedalam penggorengan hingga kering dan matang sempurna.


Setelah selesai kita bisa menyajikannya pada piring saji dan beri tambahan daun mint atau apapun sebagai pemanis hiasannya. Penyajian dalam resep membuat bola bola ayam ini ditujukan untuk 18 buah saja.  Penyajian sebaiknya dalam kondisi masih panas, supaya bola-bola ayam tidak sempat mengecil dan keriput. Sajikan juga dengan sambal boto atau bisa juga sambal bangkong dan juga sambal cuka.

Tips memasak bola bola ayam jika ingin mendapatkan daging yang teksturnya halus jangan beli daging ayam cincang di pasar. Kita bisa membuatnya sendiri dengan memakai pisau tajam dan merajangnya sendiri.