Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Resep Bikin Jalabria Ketan Hitam Gula Merah

Resep Bikin Jalabria Ketan Hitam Gula Merah - Bagi masyarakat Jawa Barat pasti sudah mengenal dengan kue Jalabria ini. Sekilas Kue Jalabria mempunyai bentuk bulat dan bolong di tengah mirip sama donat. Tetapi yang membedakan disini adalah bahan dasarnya yang terbuat dari tepung ketan hitam kemudian semua permukaannya dibaluti dengan gula yang manis dan kering.

Resep membuat kue jalabria sebetulnya sangat mudah dan simple asal kita teliti ketika membaca tutorial ini. Kue Jalabria ini juga merupakan kue yang sangat saya sukai. Selain jalabria hitam, ada pula jalabria putih yang tentunya dengan balutan gula putih yang menyelimuti seluruh permukaan jalabria.

Resep Cara Membuat Kue Jalabria Hitam

Bahan :



Cara Membuat Jalabria :


  1. Bahan-bahan ketan hitam, kelapa parut dan juga garam kita aduk sampai semuanya merata dan campurkan dengan merata semuanya.
  2. Tuangkan airnya perlahan-lahan sedikit - sedikit saja jangan langsung semuanya.
  3. Bahan jalabria ini kita buat membentuk seperti donat kemudian kita goreng pada minyak yang sudah panas sampai matang, kemudian tiriskan.
  4. Gula merah yang sudah cair kita siapkan lalu celupkan kue Jalabria yang sudah matang tadi kedalam karamel gula merah ini.
  5. Kemudian kita diamkan saja sampai gula merah yang menempel pada kue Jalabria kering.
  6. Sajikan


Mudah ya kelihatannya bikin Kue Tradisional Jalabria ini. Jangan lupa kalau sudah berhasil membuat kue ini bagikan juga buat tetangga dan saudara kita yang membutuhkan. Terimakasih sudah membaca  artikel Resep Bikin Jalabria Ketan Hitam Gula Merah