Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Bikin Ayam Goreng Krispi Banget Ala KFC

Selamat pagi sahabat kuliner semua, kali ini membahas bagaimana cara rahasia bumbu ayam goreng KFC yang krispi banget. Sebetulnya caranya mudah jika kita tahu. Langsung saja sahabat, kita bahas cara membuat Ayam Goreng KFC Krispi.

Rahasia Ayam Goreng KFC

Rahasia ayam goreng krispi adalah pada pengolahannya yaitu ayamnya tidak kita rebus, kemudian mengolah tepung basahnya cuma dengan tepung terigu dan air.  Kemudian untuk tepung keringnya dikasih campuran baking soda, lalu baking powder, kemudian garam dan juga cuma royco saja. Kita tidak usah kelamaan untuk melumuri ayamnya. Cukup dengan mengoles ayam pada tepung basah dan kemudian kita gulingkan lagi tapi pada tepung yang kering dan gulingkan sebentar saja kemudian langsung kita goreng. Jangan terlalu lama pada saat setelah melumuri tepungnya, langsung goreng saja. Karena kalau kelamaan nantinya tidak crispy ayam gorengnya.

Resep Ayam Goreng KFC


Bahan :

  • Bawang putih sebanyak 6 siung saja
  • Bawang merah sebanyak 2 siung
  • Ketumbar secukupnya
  • Merica
  • Kunyit
  • Garam secukupnya sesuai selera
  • Air perasan jeruk nipis supaya menghilangkan bau amis


Cara Membuat Ayam Goreng :

  1. Balurkan ayam pada adonan tepung yang sudah kita buat tadi, tapi setelah bumbunya sudah meresap ya.
  2. Harus kita perhatikan, tepung disini terbagi menjadi tepung basah dan tepung kering. Celupkan daging ayam kedalam tepung basah, lalu gulingkan pada adonan tepung kering.
  3. Remas-remas ayam hingga tepungnya keluar melewati sela jari-jari kita. Kemudian gulingkan lagi ayamnya pada tepung hingga semuanya rata dan kita goyangkan lagi tapi pelan saja sampai kira-kira tepungnya tidak rontok saat menggoreng.
  4. Goreng ayam dengan api yang kecil saja tetapi dengan jumlah minyak goreng yang cukup banyak agar daging dalamnya ikut matang tetapi tidak gosong pada kulit daging ayam luarnya.
  5. Perhatikan, sebelum menggoreng diharuskan minyak panas terlebih dahulu.


Tips Membuat Adonan Tepung Krispi Ayam Goreng

Seperti yang sudah saya sampaikan pada intro sebelumnya yaitu mengenai membuat adonan ayam goreng supaya rasanya renyah dan krispi. Adonan tepung kita bagi jadi dua yaitu Adonan tepung basah dan adonan tepung kering.

  • Adonan Tepung Basah : Bahannya cukup tepung terigu dan air saja tetapi jangan sampai encer.
  • Adonan Tepung Kering : Bahannya cukup tepung terigu, garam secukupnya, baking powder, kemudian baking soda agar nantinya mengembang dan rasanya renyah. Lalu yang terakhir adalah royco rasa ayam secukupnya.

Pengalamanku memakai bumbu sajiku tapi hasilnya tidak bagus. Ayam gorengnya gosong terus bun.

Nah itu tadi informasi rahasia kuliner kita pagi ini dalam resep rahasia membuat ayam goreng KFC yang renyah banget dan krispi. Semoga informasi ini bisa menjadi wawasan dan menambah khazanah resep kuliner kita semua. Terimakasih sudah mampir di blog resep-masakane.blogspot.com ini. Baca juga Resep Ayam Goreng Bumbu Kelapa Parut