Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Cara Cepat Mencairkan Daging Beku

Tips Cara Cepat Mencairkan Daging Beku - Biasanya kita membeli daging dari supermarket masih dalam keadaan beku. Dan setelah dirumah pasti daging tesebut sudah agak melunak, namun kadang kita menyimpannya lagi didalam freezer hingga membeku kembali. Nah disaat kita hendak memasaknya kita perlu cara melunakkan daging beku dan mencairkannya terlebih dahulu daging yang sudah membeku itu. Kita bisa saja mencairkan atau menormalkan daging beku pada suhu ruangan dengan cara didiamkan saja, tetapi cara seperti ini membutuhkan waktu yang agak lama sedangkan waktu kita memasak lagi terburu-buru. Yuk kita lihat berikut ini cara melelehkan daging beku .

Cara cepat mencairkan daging beku. Nah pada edisi sebelumnya blog resep-masakane ini sudah membahas resep masakan yang berbahan dasar olahan daging seperti Resep Soto Bening Daging Iga Sapi Betawi. Tentunya kita membeli daging dan akan menyimpannya terlebih dahulu ketika kita belum mau untuk memasaknya. Menyimpan daging didalam lemari es atau freezer memang bisa menambah daging tetap fresh dan segar dalam jangka waktu yang agak lama. Nah cara berikut ini bisa dengan cepat untuk mencairkan daging yang membeku dengan cepat melunak kembali seperti normalnya.

Cara Mencairkan Daging Beku Yang Benar

Cara cepat mencairkan daging beku, cara melunakkan daging beku, cara melelehkan daging beku

Cara cepat mencairkan daging beku



  • Caranya sangat simpel dan sederhana untuk melumerkan daging beku. Kita hanya membutuhkan dua buah panci saja.
  • Ambil salah satu panci, kemudian kita tengkurapkan mulut panci dibawah (jadi posisi mulut panci ada dibawah dan pantat panci ada diatas).
  • Letakkan daging beku di atas pantat panci tersebut.
  • Ambil panci satunya lagi dan isi dengan air keran. Air ini fungsinya hanya sebagai pemberat saja, lalu letakkan diatas daging tadi hingga posisinya mengapit daging diantara dua panci.
  • Ilustrasinya mirip dengan menghimpit daging di kedua pantat panci bawah dan panci atas.
  • Posisi panci atas tetap pada posisi sebenarnya, artinya mulut pancinya tetap menganga ke atas tidak seperti posisi panci yang pertama.
  • Kita diamkan saja antara 5 menit sampai 10 menit dan ini juga tergantung seberapa tebal daging tersebut.


Simsalabim... kita akan lihat keajaiban si daging beku akan meleleh dengan sendirinya. Ajaib ya.... sebenarnya ini bisa dijelaskan secara ilmiah. Panci aluminium ataupun yang berbahan stainless steel adalah penghantar panas yang sangat baik. Dia akan menyalurkan panas dari suhu ruangan menuju daging beku yang terhimpit kedua panci tersebut. Alhasil daging lebih cepat meleleh daripada dibiarkan saja tanpa bantuan panci. Nah sekarang mengerti ya kenapa hal itu bisa terjadi. Dan sekarang saat nya kita memasak daging olahan Resep Olahan Daging Kambing Idul Adha : Sate Matang Asli Aceh Enak Banget.

Oke sahabat kuliner tercinta itu tadi pembahasan dan pengetahuan mengenai cara melunakkan daging beku, cara melelehkan daging beku dan cara mencairkan daging beku yang benar.  Itu saja yang bisa saya sampaikan dalam tulisan resep kuliner kali ini di blog resep-masakane, salam sehat salam kuliner Indonesia dan salam sejahtera semuanya dan Terimakasih.