Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Resep Donat Kentang Empuk Spesial dan Praktis

Resep Donat Kentang Empuk Spesial dan Praktis - Hai pecinta kuliner dimanapun anda berada, ketemu lagi ya kali ini saya update resep donat kentang empuk seperti halnya cara pembuatan donat dari resep donat kentang NCC  Ibu Fatmah Bahalwan yang terkenal enak itu. Tetapi resep yang saya buat ini juga tidak kalah enaknya loh, lagian cara yang saya jelaskan mengenai cara membuat donat kentang ini sangat mudah dan praktis untuk kita praktekkan walaupun kita sebagai pemula yang belajar membuat donat kentang praktis.

Resep donat kentang empuk ini sebelum kita melangkah ke tutorial cara membuatnya kita bahas berbagai jenis donat yang terkenal di Indonesia. Jenis varian dari donat itu bemacam-macam, contohnya adalah Dunkin Donuts yang terkenal seantero jagat. Kemudian ada donat JCo, donat country style dan juga donat kentang Fresco. Pada edisi yang lalu saya juga sudah pernah membahas tentang Resep Donat Kentang NCC By Ibu Fatmah Bahalwan Praktis dan Sederhana. Nah kali ini saya buatin lagi resep donat kentang yang empuk banget dan tentunya tidak susah untuk kita membuatnya dirumah. Donat kentang teksturnya lebih empuk jika dibandingkan dengan donat yang terbuat dari bahan tepung terigu. Saya sangat senang membuat donat kentang ini, alasannya adalah kalau saya bikin donat kentang ini pasti sekeluarga langsung menyerbu kue bikinan saya ini. Langsung saja ya kita bikin donat kentang empuknya.


Resep Donat Kentang Empuk

Donat Empuk 


Bahan-bahan :

  • Tepung teriugu pilih yang protein tinggi sebanyak 500 gram
  • Susu bubuk full krim sebanyak 50 gram
  • Ragi instan sebanyak 1 bungkus
  • Kentang yang sebelumnya dikukus kemudian dihaluskan lalu didinginkan sebanyak 250 gram
  • Gula halus sebanyak 100 gram
  • Mentega sebanyak 75 gram
  • Garam secukupnya atau sebanyak setengah sendok teh
  • Telor kuningnya saja sebanyak 4 butir
  • Air dingin sebanyak 100 ml


Bahan Pelengkap Donat : Gula donat ataupun gula bubuk spesial buat donat, dan juga coklat yang sudah dicairkan

Cara Membuat Donat Kentang :


  1. Bahan-bahan terigu, kemudian gula, susu bubuk, kemudian ragi instan kita campurkan menjadi satu dan kita aduk-aduk sampai merata.
  2. Kemudian kita masukkan kentang halus dan aduk lagi hingga rata.
  3. Beri kuning telur, tidak lupa air dingin juga kemudian kita uleni sampai kira-kira agak kalis.
  4. Tambahkan garam secukupnya dan juga mentega lalu tetap kita uleni lagi sampai kalis dan juga elastis lalu kita diamkan sebentar sekitar 20 menit sampai adonan donat mengembang
  5. Setelah mengembang sekarang adonan kita bagi jadi 12 bagian kemudian kita bulatkan. Setelah itu diamkan kembali sekitar 20 menitan sampai kira-kira adonannya mengembang lagi.
  6. Adonan tadi kita lubangi di tengahnya menggunakan dua jari telunjuk.
  7. Siapkan minyak panas dalam wajan penggorengan lalu kita goreng adonan donat kentang ini. Harus diperhatikan ya sis, ketika menggoreng gunakan nyala apii yang sedang saja. Goreng donat kentang sampai warnanya berubah menjadi kuning keemasan.
  8. Selesai, kita angkat dan tiriskan agar minyak yang menempel bisa jatuh kebawah.


Nah sekarang donat kentang empuk spesial sudah jadi, sekarang saatnya kita taburi donat ini dengan gula donat atau gula halus. Atau kita bisa celupkan dengan coklat leleh kemudian kita keringkan. Nah mudah bukan cara membuat donat kentang praktis, resep donat kentang sederhana dan empuk ini. Silahkan dicoba dan pasti rasanya yummy bikin keluarga kita bahagia. Oke itu saja yang bisa saya sampaikan tentang resep masakan dalam segmen kue donat ini, terimakasih dan selamat mencoba.