Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Makanan Jawa Asli Semarang Paling Terkenal

7 Makanan Jawa Asli Semarang Paling Terkenal - Semarang merupakan kota di Jawa yang sangat terkenal dengan destinasi tujuan wisata, namun selain itu di kota Semarang ini kita juga bisa temui beberapa kuliner atau makanan yang sangat terkenal dan tentunya layak anda coba ketika mengunjungi kota ini.  Edisi resep sebelumnya tentang makanan Resep Kangkung Saus Tiram 

Seperti apa sih kuliner khas kota Semarang ini ? 

Wingko Babat Khas Semarang
Wingko Babat Khas Semarang


  1. Lumpia. Yes, lumpia semarang merupakan makanan khas yang paling banyak dicarai para pelancong ketika mengunjungi semarang. Tidak sulit ketika kita akan mencari makanan ini. Kita bisa mendapatkannya dengan mudah di sekitar Jalan Simpang Lima Semarang. Lumpia merupakan perpaduan cita rasa Tionghoa dan Indonesia, ketika anda menyantap lumpia ini coba anda tambahkan cabe dan acar asam, maka dijamin rasanya akan membuat ketagihan. Harga satu lumpia semarang berkisar antara Rp. 10 ribu saja.
  2. Babat Gongso. Buat anda pecinta kuliner Asli Jawa ini bisa mencoba enaknya babat gongso ketika berwisata di kota Semarang. Cobalah anda cari di tempatnya Nasi Goreng Pak Karmin yang beralamat di Jalan Pemuda ( Samping Jembatan Mberok), Semarang. Babat gongso merupakan makanan dengan irisan babat juga beberapa jeroan seperti limpa, ati, dan paru yang pengolahannya dimasak dengan bumbu kecap kental enak banget. Cita rasa manis dan pedas begitu sangat menggoyang lidah bagi siapa saja yang merasakannya. Harga satu porsi babat gongso ini cuma Rp. 25.000 saja.
  3. Tahu Gimbal. Tahu khas semarang ini merupakan makanan yang terdiri atas tahu goreng, gimbal, irisan kol, dan juga tempe yang disiram bersama sambel kacang. Nyam..nyam..nyam.. kenikmatan kuliner ini begitu menggugah selera, anda bisa mendapatkannya diarea sekitar Simpang Lima Semarang. Harganya hanya Rp. 10.000 juga, murah dan enak banget.
  4. Tahu Pong. Ini adalah tahu yang didalamnya kosong atau tidak berisi apapun, rasanya yang gurih dan garing ini enak sekali dipadukan dengan cocolan petis udang yang encer dan nikmat. Harga satu porsi tahu pong sekitar Rp. 6.000 dan anda bisa mendapatkannya di area Simpang Lima Semarang atau yang paling terkenal sih berada di JL. Gajah Mada seberang jalan Gereja Bethel.
  5. Es Congklik. Ini juga minuman khas semarang, Es Congklik mempunyai 10 varian rasa yang lain seperti rasa sirsak, coklat, kopyor, klengkeng, leci, kacang ijo, blewah, duren, dan rasa alpukat. Harga seporsi es congklik dibandrol dengan harga Rp. 9.000 dan bisa anda dapatkan di Simpang Lima tepatnya samping Hotel Citraland Semarang di Waroeng Semawis area Pecinan Semarang.
  6. Wingko Babat. Ini adalah jajanan paling terkenal di Semarang hingga seantero Indonesia, bahan utama wingko babat ini dari ulenan beras ketan dan juga kelapa yang dibakar. Varian rasa wingko babat bermacam-macam seperti rasa duren, coklat, nangka dan juga kelapa muda. Harga wingko babat sekitar Rp. 2.000 dan dijamin enak tanpa pengawet makanan. Anda bisa temui penjual wingko babat di Kawasan sekitar Simpang Lima Semarang.
  7. Bandeng Presto. Ini adalah ikan bandeng yang diolah dalam panci presto dengan tekanan  yang sangat tinggi sehingga diperoleh daging yang enak bahkan sampai duri ikannya juga lunak dan enak. Bandeng presto khas semarang ini dikemas dengan kedap udara sehingga banyak pecinta kuliner yang berkunjung ke kota semarang ini membelinya dan ini tidak basi karena bisa bertahan sampai berminggu-minggu didalam lemari pendingin. Anda bisa mendapatkan bandeng presto ini di Toko Bandeng Juwana dengan harga Rp. 20.000 sampai dengan Rp. 30.000 perkilonya.


Nah itu tadi 7 Makanan Jawa Asli Semarang Paling Terkenal yang bisa anda coba kenikmatan rasanya ketika anda bersama keluarga mengunjungi kota Semarang. Sudah tidak sabar ingin mengunjungi Semarang ? Yes,... mumupung weekend yuk kita berkemas menjelajahi kota Semarang yang kaya akan resep kuliner asli Indonesia. Terimakasih dan salam kuliner Indonesia.... Baca juga Resep Cara Membuat Tumis Telur Buncis